Action Cam Terbaik Alternatif GoPro

Hai..pembaca sekalian, apakah diantara kalian ada yang belum tahu apa itu action cam? kalau belum tahu, saya akan jelaskan sedikit. Action Cam atau kamera aksi dalam bahasa indonesia, adalah kamera kecil dan ringkas yang biasanya digunakan oleh Atlet surfing, motocross, motogp, dan lain-lain. Apa hanya para atlet yang memakainya? jelas tidak. Kamera ini siapapun bisa memilikinya. Lantas apa bedanya action cam ini dengan camera konvensional? bedanya action cam ini bisa melakukan apa yang tidak mungkin kamera biasa lakukan. Contohnya saat kita akan berselancar dipantai, kita tidak mungkin memakai kamera saku, kamera prosumer, apalagi DSLR.

Maka dari itu terciptalah kamera aksi. Untuk lebih jelasnya nanti saya buatkan diartikel terpisah.

Oke..kalau kita membayangkan Action Cam pasti yang muncul adalah GoPro. Tidak salah memang, karena GoPro adalah pelopor action cam yang ringkas, tangguh, dan berkualitas. GoPro juga menjadi market leader dipasar kamera aksi ini.

Kita semua tahu kualitas yang dihasilkan kamera GoPro, hasil foto maupun videonya jernih dan detil banget. Apalagi seri GoPro terbaru yang sudah mendukung perekaman dengan resolusi 4K. Tetapi harga action cam ini bisa dibilang masih mahal bagi sebagian orang (termasuk saya wkwk). Tapi tenang, dipasar action cam ini ngga hanya GoPro seorang diri, masih banyak pilihan alternatifnya, tentu dengan harga yang berada dibawah GoPro.


1. Xiaomi Yi
Siapa yang tak kenal dengan brand Xiaomi, brand yang dikenal lewat smartphone yang berharga murah tapi dengan spek yang mumpuni. Seperti tak puas dibidang smartphone, kini xiaomi juga memasuki pasar action cam. Dengan berbekal xiaomi yi cam, xiaomi mencoba peruntungan didunia action cam. Gayung bersambut, produknya ternyata diminati oleh konsumen. Dengan chipset Ambarella A7LS dan sensor milik sony, gambar dan video yang dihasilkan bisa dibilang memuaskan. Apalagi dengan harga yang hanya 1 jutaan saja, membuat Xiaomi Yi ini Value for money banget.


2. iSaw Edge


iSaw Edge mungkin kurang populer jika dibandingkan dengan xiaomi yi ataupun GoPro. iSaw Edge adalah action cam yang berasal dari Korea Selatan. Sebenarnya ada tiga jenis action cam milik iSaw, yang pertama iSaw Air, iSaw Wing, dan yang terakhir adalah iSaw Edge. Dari ketiganya hanya iSaw Edge yang memiliki spesifikasi tinggi. Poin plus yang dimiliki iSaw Edge adalah, adanya konektor untuk mic eksternal, yang tidak dimiliki action cam lain misal xiaomi yi, sjcam, b-pro,dll. Harga iSaw edge bekisar 2 jutaan, lumayan mahal jika dibandingkan dengan xiaomi yi.

3. Xiaomi Yi 4K



Satu lagi dari xiaomi yang rasanya perlu direkomendasikan. Xiaomi Yi 4K adalah action cam terbaru dari xiaomi. Semuanya kini mendapatkan pembaruan, mulai dari spesifikasi, desain, dan yang paling terlihat adalah hadirnya display dibagian belakang, itu jelas sangat membantu. Xiaomi Yi 4K memiliki spesifikasi yang setara dengan GoPro Hero Black tetapi dengan harga separuhnya saja. Xiaomi Yi 4K belum dijual resmi di Indonesia, tetapi sudah ada kok yang jual. Harganya bekisar 2,5-3xx Jutaan saja.

4. Brica B-Pro 5 Alpha Plus
Nama B-pro di Indonesia cukup dikenal sebagai action cam murah. Apalagi ada embel-embel Pro yang mengingatkan kita pada brand GoPro yang sudah dulu lahir. B-Pro 5 AP mampu merekam video dengan resolusi 2.5K di 30 fps. Hasil fotonya juga bisa dibilang memuaskan. Brica B-Pro 5 AP dibanderol dengan harga 2,5 jutaan.

5. SJCAM 5000+


SJCAM adalah brand action cam dari china, action cam ini sama populernya dengan xiaomi yi dan lain-lain. SJCAM 5000+ adalah varian action cam yang memiliki spesifikasi tinggi seperti chipset Ambarella A7LS75. Ambarella adalah produsen chipset kamera yang sangat populer dan banyak dipakai oleh produsen action cam seperti GoPro dan Xiaomi Yi. Sensornya sendiri menggunakan Panasonic MN34120 berkekuatan 16 MP. Harga yang dipatok untuk SJCAM 5000+ ini berkisar 2.5 jutaan saja.

Sebenarnya action cam yang harganya dibawah 1 jutaan itu ada sob, tapi ngga saya rekomendasikan. Daripada asal beli yang murah dan nyesel, lebih baik kumpulin dana dulu hingga sekitar 1 jutaan. Di range harga segitu ada action cam Xiaomi Yi yang cukup laris manis dan kualitasnya juga bagus.

Itu dia artikel tentang Action Cam Terbaik Alternatif GoPro , semoga membantu anda dalam menentukan action cam yang ingin dimiliki.

   



loading...