Penyebab Baterai Smartphone 4G Lebih Boros


Apa yang pertama kali kalian rasakan saat menggunakan smartphone 4G? Kencang, bawaannya pingin download, dan streaming video? Benar. Tapi ada lagi yang paling terasa saat menggunakan smartphone 4G, yaitu baterai menjadi lebih boros. Nah kira-kira apa penyebabnya, kenapa konsumsi baterai menjadi lebih rakus?

Seperti kita tahu, 4G memiliki kecepatan akses data yang cukup melonjak jika dibandingkan dengan 3G. Untuk selalu terkoneksi dengan jaringan 4G, sistem smartphone terus bekerja, mencari sinyal,dll. Ditambah belum meratanya jaringan 4G diseluruh pelosok negeri, membuat smartphone kita bekerja ekstra. Nah lebih lengkapnya ada dibawah ini :

1. Spesifikasi Tinggi tapi Kapasitas Baterai Kecil

Ada beberapa smartphone yang spesifikasinya lumayan, tetapi tidak dengan kapasitas baterainya. Kapasitas baterai tidak sebanding dengan spesifikasi teknisnya, alhasil baterai tidak mampu membuat kinerja smartphone lebih maksimal. Pilihlah smartphone 4G yang memiliki baterai besar, mempunyai fitur saving mode adalah nilai tambah.

2. Jaringan yang masih kurang memadai

Di Indonesia jaringan 4G belum merata sepenuhnya, masih banyak ditemukan blank spot. Bahkan ada beberapa daerah yang tidak tercover 3G. Itu adalah penyebab smartphone 4G kita menjadi lebih boros, karena harus bekerja lebih mencari sinyal 4G. Jadi lebih baik kita menggunakan mode 2G saat jaringan 3G atau 4G dirasa sangat buruk.

3. Pengguna terlalu berlebihan 

Ya, kita sebagai pengguna kadang tidak sadar dalam menggunakan smartphone. Karena saking asyiknya berselancar, didunia maya, sampai-sampai lupa waktu. Faktor ini adalah yang paling besar dan sering terjadi pada kita pengguna. Bijak dalam menggunakan smartphone adalah yang harus kita lakukan.


Last..gunakanlah operator seluler yang memiliki jangkauan luas, agar menambah pengalaman menggunakan jaringan 4G. Dan sedikit meringankan kinerja smartphone kita, agar tidak terlalu bekerja ekstra mencari sinyal 4G.

loading...

1 komentar:

Author
avatar
Balas