Tips Memilih Operator Seluler Untuk Internet Gadget Kita


Dijaman seperti sekarang ini internet adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Internet memudahkan segala aspek dalam keseharian, misal membeli barang, membayar tagihan listrik, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang kalau sekarang itu apa-apa serba online, dan itu sangat membantu sekali.

Tetapi semua aktivitas online kita akan sangat terganggu jika internetnya berkualitas buruk, sering terjadi gangguan, hilang sinyal. Sebagai orang yang melek dengan teknologi kita harus cerdas dalam memilih penyedia jasa internet. Misalkan untuk aktivitas internet di smartphone atau gadget lainnya, kita harus cermat memilih operator seluler yang akan digunakan. Nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana memilih operator seluler untuk akses internet digadget kita:

1.  Lakukan survey kecil-kecilan

Tips pertama adalah lakukanlah survey kecil-kecilan. Salah satunya adalah kamu bisa menanyakan kepada kerabat, teman, atau siapapun dilingkungan kamu. Tanyakan kepada mereka, "Pakai kartu apa buat internet?" atau apa saja tergantung kreatifitasmu. Intinya adalah kamu mendapatkan info tentang operator seluler yang paling bagus dilingkunganmu. Karena lingkungan adalah tempat paling banyak kamu menghabiskan waktu.

2. Mencoba semua operator seluler

Tips kedua adalah mencoba semua operator seluler. Kita semua tahu kan, di Indonesia itu banyak sekali operator seluler, ada yang milik pemerintah dan ada yang milik swasta. Tidak ada salahnya kamu mencoba satu per satu operator yang ada, paling tidak kamu mengetahui bagaimana kualitas layanan operator itu sendiri.

3. Cek jangkauan sinyal di web

Tips ketiga adalah mengecek jangkauan semua operator melalui web. Salah satu web yang menampilkan jangkauan sinyal semua operator adalah OpenSignal.com , Open Signal adalah web yang khusus menampilkan jangkauan sinyal operator seluler diseluruh dunia. Kamu bisa melihat jangkauan sinyal operator yang ada di Indonesia melalui web OpenSignal. Caranya adalah :
  • Buka laman OpenSignal di web browser, atau bisa klik disini 
  • Ketikkan lokasimu di kolom yang disediakan
  • Pilih operator yang akan ditampilkan, atau bisa memilih semua operator untuk ditampilkan dipeta
  • Setelah semua operator ditampilkan di peta, akan terlihat warna hijau dan merah menutupi peta wilayah kamu. Warna hijau menunjukkan kualitas sinyal bagus, sedangkan warna merah menunjukkan sinyal yang buruk.
Menurut pengalaman saya, web OpenSignal cukup bisa dijadikan acuan untuk kita memilih operator seluler.


Itu tadi adalah artikel tentang Tips Memilih Operator Seluler Untuk Internet Smartphone dan Gadget kita. Semoga artikel ini sedikit membantumu dalam menentukan mana operator yang paling pas dan berkualitas buat kamu. Jika ada yang perlu ditanyakan, sampaikan dikolom komentar...it's free kok.


Baca juga artikel menarik lainnya :

loading...