Review Mifi Smartfren Andromax M3Z


Kali ini saya berkesempatan untuk mereview produk Mifi terbaru dari smartfren, yaitu Andromax m3z. Produk ini milik saya pribadi, jadi saya berusaha memberikan review apa adanya dan berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Akhir-akhir ini saya sedang membutuhkan mifi untuk mengakses internet, yang paling penting harus support jaringan 4G. Ada dua opsi yang tersedia, jaringan 4G gsm seperti Telkomsel, Indosat, dan XL atau jaringan 4G cdma seperti smartfren. Sebenarnya saya pengen beli Mifi yang mendukung operator Telkomsel, Indosat, atau XL, akan tetapi harga Mifi 4G yang ditawarkan sekitar 600 ribuan, cukup mahal bagi saya. Akhirnya pilihan saya jatuhkan pada Mifi 4G buatan Smartfren, karena harganya yang lebih terjangkau dan kita mendapatkan bonus kuota sebesar 30 GB. Wow..

Saya meluncur ke kota jogja, guna mencari produk Mifi smartfren tersebut. Setelah sempat berkeliling ke bebrapa counter dan toko, saya mendapatkan Mifi Andromax m3z yang saya cari. Saya bertanya harga yang ditawarkan, ternyata 300 ribu lebih sedikit. Setelah proses cek, jual & beli selesai, saya segera gaspol ke rumah.

Walaupun rumah saya jauh dari perkotaan, tetapi untungnya jaringan 4G Smartfren terjangkau hingga daerah saya. Nah dengan harga 300 ribuan, apa saja sih yang ada didalam box kemasan ? mari sama-sama kita simak :

Kotak Kemasan

Kotak kemasan Andromax M3Z
Kotak kemasan Andromax m3z ini kecil, yah sesuai dengan ukuran mifi nya lah. Didalamnya terdapat unit Mifi andromax m3z nya, buku panduan, kartu garansi, selembar kertas yang bertuliskan daftar isi, kabel USB, dan kartu Smartfren nya. Perlu diketahui, andromax m3z tidak dibekali charger dalam paket penjualannya. 

Mifi Andromax M3Z

Tampak depan Mifi Andromax m3z
Ini adalah tampak depan Mifi Andromax m3z. Dibagian depan ini hanya ada satu tombol fisik, yaitu tombol power yang berada tepat ditengah-tengah. Dibagian ini juga ada led indikator untuk Baterai, WPS, Sinyal, dan Wifi.

Tampak belakang Mifi Andromax M3Z
Dibagian belakang terdapat beberapa informasi mengenai SSID jaringan, Paswword default, Nomor SIM nya dan kode aktivasi. Secara pabrikan, mifi smartfren dibekali password yang sudah tertulis dibagian belakang mifi. Gunakan password itu untuk mengakses internet. Kalau ingin mengganti SSID dan passwordnya, bisa dilakukan dengan aplikasi MyLink M3Z yang tersedia di Playstore atau login lewat browser dengan mengetikkan 192.168.0.1 ke address bar/kolom pencarian. Login dengan nama pengguna admin & password admin.

Impresi Pertama

Impresi pertama saat memegang mifi andromax m3z adalah ringan dan ringkas. Mifi andromax m3z dibekali casing berbahan plastik. Nah menariknya andromax m3z memiliki aksen seperti berbahan kulit, jadi memunculkan sisi elegan. Apalagi dibagian pinggirannya dilabur warna gold yang sedang tren banget di dunia smartphone.

Performa

Jika kita berbicara tentang Mifi andromax m3z, maka yang paling ingin diketahui adalah performanya dalam hal kehandalan dan kecepatan akses internet 4G nya. Saya sempat menguji kecepatan internet 4G smartfren dengan aplikasi Ookla Speedtest, hasilnya bisa dilihat di artikel Review Jaringan Smartfren 4G Dipinggiran Jogja.

Dengan baterai 3000 mAh, mifi andromax m3z mampu bekerja hingga satu hari penuh dalam sekali charge. Jadi mifi ini cukup bisa diandalkan.

Spesifikasi

Spesifikasi andromax m3z sudah pernah saya ulas diartikel Harga Dan Spesifikasi MiFi Smartfren Andromax M3Y dan M3Z , tetapi saya akan menjabarkannya sedikit untuk anda.


  • Modem Wifi LTE Cat 4
  • Chipset Qualcomm MDM 9307
  • Mendukung wifi 2,4 GHz
  • Mendukung hingga 32 pengguna dalam waktu bersamaan
  • Tersedia aplikasi pemantau langsung, MyLink M3Z
  • Wireless storage, untuk berbagi file apapun dalam satu jaringan
  • MicroSD slot hingga 32 GB
  • Baterai 3000 mAh
Kesimpulan

Last..Mifi andromax m3z sebagai produk terbaru smartfren memiliki spesifikasi yang tidak jauh dari produk sebelumnya. Peningkatan terdapat dibagian baterai yang kini menjadi 3000 mAh, dengan baterai tersebut mampu menopang daya Mifi selama sehari penuh. Dengan harga 300 ribuan, mifi ini cukup worth it. Bonus kuota 30 GB adalah hal yang paling menarik ditambah bonus isi ulang sebesar 24 GB tiap isi ulang, menggoda siapapun untuk memiliki Mifi andromax m3z ini. Tetapi sebelum membeli produk ini, pastikan didaerahmu sudah tercover jaringan 4G smartfren. Karena bonus kuota tersebut hanya berlaku dijaringan 4G saja. Gimana, tertarik buat memiliki Mifi smartren andromax m3z? semoga artikel Review Mifi Andromax M3Z ini membantumu sebelum membelinya.


loading...

3 komentar

Author
avatar

Makasih mas review nya membantu... Oia saya mau tanya, kalau untuk isi paketnya ada pilihan Untuk quota berapa aja ya..? Terus itu yang bonus 24gb untuk pengisian tarif yang berapa yah...?

Balas
Author
avatar

Kata penjualnya, bonus 24GB itu diberikan setiap isi ulang gan. Kalo ane isi ulangnya 60ribu dapet kuota utama 2GB+bonus kuota 1GB kalo gak salah.

Jadi bonus 24GB itu dibagi tiap isi ulang. :)

Balas
Author
avatar

Saya mau nanya, kalau mifi m3z tidak bisa dicharge itu bagaimana ya? sudah dicharge tapi indikator lampunya merah terus

Balas